Hi semuanyaaa! Bagaimana kabarnya? Di blogpost ku kali ini, aku akan share ke kalian mangenai keseruan acara Perayaan 30 Tahun Shafira: World Wanderer

Sebelumnya disini siapa sih yang gak tau mengenai Shafira? Yap, Shafira adalah salah satu brand fashion muslim yang sangat terkenal di Indonesia. Kalau belum ngeh juga mungkin tau Zoya? nah Zoya adalah salah satu sister brand dari Shafira.

Saat datang ke acara ini, aku baru tahu banyak sekali mengenai Shafira. Mulai dari latar belakang, sejarah hingga visi dan misi Shafira kedepannya. Awalnya aku kira Shafira hanya sekedar brand baju muslim aja. Tapi ternyata yang ada dibalik itu semua adalah perjuangan dan juga visi dan misi dari Ibu Feny Mustafa yang mengawali brand ini di kota Bandung

30 tahun yang lalu mungkin bisnis fashion, terutama busana muslim belum hits. Pengguna hijab pun mungkin belum sebanyak saat ini. Tapi, Ibu Feny Mustafa dapat membaca peluang yang akan muncul nantinya sehingga memberanikan diri untuk memulai usaha Fashion Muslim yang kemudian diberi nama Shafira. Jadi, bisa dibilang Shafira adalah salah satu Brand Fashion Muslim pertama yang ada di Indonesia.

30 tahun berlalu, saat ini Bu Feny Mustafa menjabat menjadi Founder didampingi oleh Bapak Denny Setiawan selaku CEO dan juga Bapak Setiawan sebagai Head of Designer yang telah menjabat selama 20 tahun. Dalam 30 tahun ini, Shafira telah melakukan banyak sekali inovasi dan juga terobosan di dalam bisnis fashion terutama busana muslim. Bukan hanya terkenal di Indonesia, Shafira juga sudah dikenal di negara lainnya.

Nah yang bikin spesial, pada ulang tahunnya yang ke 30 ini, Shafira mengangkat the The World Wanderer dimana koleksi koleksi yang diluncurkan di umur ini terinspirasi dari masjid-masjid yang ada di dunia. Dari 60 koleksi, semuanya dibagi menjadi 5 benua, yaitu Asia, Afrika, Eropa, Amerika dan juga Australia. Unik sekali bukan? Menurut Ibu Feny Mustafa, tema ini juga diangkat mengingat misi dari Shafira untuk menjadikan Indonesia sebagai kiblat fashion muslim dunia di 2020 nanti.

Dijelaskan lebih lanjut oleh Bapak Setiawan, koleksi-koleksi di tahun 2019 ini banyak sekali mengaplikasikan kebudayaan dan juga style dari benua-benua di dunia

Dari Amerika, inspirasi didapatkan dari Islamic Center of Washington DC yang merupakan Islamic Center terbesar di Washington DC. Selain itu, gaya urban masyarakat Amerika juga diaplikasikan. Koleksinya nanti akan berbentuk blazer, dan ready to wear items lainnya.

Dari Asia, inspirasi didapatkan dari Masjid Baiturrahman Aceh. Kisah dibalik Masjid Baiturrahman yang menjadi saksi bisu kejadian Tsunami Aceh 2004 sangat menginspirasi dan memberikan unsur sejarah yang kuat. Ibu Feny sendiri sempat menjadi salah satu relawan pada saat itu

Dari Australia, Adelaide Mosque menjadi inspirasi dari koleksi World Wanderer ini. Selain itu, suku aborigin yang berasal dari Australia dan menjadi salah satu ciri khas Australia juga diaplikasikan di koleksi ini.

Selain mengeluarkan koleksi terbarunya, pada ulang tahun ini Shafira juga membagikan Scarf limited edition dan juga cupcake gratis di store-nya pada tanggal 8 Januari 2019 kemarin dan juga 8 Februari 2019 nanti. Scarf-nya luck dan juga worth 200-ribuan loh guys! Cus kesana ya nanti

Lalu di acara kali ini, aku juga diperkenalkan sengam Rahmat, penyandang disabilitas yang memiliki bakat luar biasa dalam membuat desain baju. Dalam acara ini juga diumumkan bahwa Rahmat akan bergabung dengan team design Shafira setelah menyelesaikan pendidikannya yang diberikan secara gratis alias beasiswa dari Shafira Cooperation.

Aku seneng banget mendapat kesempatan untuk menghadiri acara ini dan mengetahui lebih banyak mengenai Shafira, Menurutku, kisah dari Ibu Feny amat sangat menginspirasi dan membuktikan bahwa kekuatan ketekunan, konsistensi dan inovasi amat sangat berpengaruh dalam jalannya sebuah bisnis. Semoga suatu hari nanti, aku bisa menjadi seperti Ibu Feny.

Buat kalian yang kepo sama koleksi World Wanderer ini, kalian bisa lihat koleksinya nanti di Jakarta Fashion Week 2019.

Sekian ceritaku hari ini, see you!

Xo

Amanda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *